Siapa saja audiens Anda?
Presentasi dibuat untuk ditampilkan di hadapan audiens. Audiens yang tertentu. Mereka spesifik dan berbeda-beda pada setiap presentasi.
Mengenali siapa audiens Anda – yaitu orang-orang yang akan datang
untuk melihat dan mendengarkan Anda – akan membantu kita memahami
bagaimana mereka mencerna informasi, dan apa yang ingin mereka dengar
dari sebuah presentasi. Keuntungannya? Anda bisa melakukan penyesuaian
agar presentasi Anda mampu mempengaruhi audiens dengan efektif.
Jika kita melihat 3 komponen yang saling terkait dalam sebuah presentasi, salah satu kunci penting presentasi adalah audiens. Anda tampil memberikan presentasi dan menciptakan sebuah proses komunikasi, adalah untuk mereka.
Mengenal Audiens Sangat Penting
Tak kenal maka tak sayang, kata orang. Bagaimana memahami dan
memberikan apa yang audiens inginkan jika Anda tak mengenal siapa
mereka? Ketika Anda tidak tahu sudut pandang apa yang mereka gunakan
ketika mendengarkan Anda, proses komunikasi tidak akan terjalin.
Anda kesulitan untuk menyambungkan diri dengan mereka, dan mereka kesulitan untuk memahami Anda.
Ini berujung pada frustrasi: Anda frustrasi karena tidak bisa membuat
mereka mengerti, dan mereka pun frustrasi karena kesulitan memahami
Anda.
Sebaliknya jika Anda mengenal audiens dengan baik. Presentasi yang
Anda bawakan menjadi mudah, karena Anda tahu betul apa yang mereka
inginkan. Anda dapat menentukan mana informasi yang harus disampaikan
dan mana yang tidak perlu. Meyakinkan audiens pun menjadi jauh lebih
mudah, karena Anda mengerti faktor apa yang mempengaruhi mereka dalam
mengambil tindakan.
Mengenal audiens bukan sebatas mengetahui bahwa mereka adalah atasan
Anda, rekan kerja, mahasiswa, atau masyarakat umum. Mengenal audiens
mencakup mengenal nama, posisi mereka dalam organisasi, keputusan apa
yang biasa mereka ambil, dan apa yang mereka butuhkan dari presentasi
Anda. Tak kalah penting, mengapa mereka datang untuk menyaksikan
presentasi Anda.
Kenali audiens. Inilah yang membedakan seorang presenter hebat dari sekumpulan para pelaku presentasi yang biasa saja.
Seorang presenter hebat akan terlebih dahulu berusaha mengenali
kepada siapa mereka berbicara, kemudian menyesuaikan isi pembicaraan
agar relevan dan efektif.
Para presenter biasa tidak merasa penting untuk mencari tahu siapa
audiensnya. Mereka hanya akan memberikan presentasi yang sama kepada
berbagai audiens yang berbeda.
Setiap komunikasi bersifat unik. Komunikasi sangat tergantung kepada
siapa Anda menyampaikannya dan dalam situasi bagaimana komunikasi itu
disampaikan. Presentasi, adalah sebuah komunikasi.
Siapa Audiens Presentasi Anda?
Sebelum mulai mempersiapkan presentasi,
cari tahu siapa saja yang akan hadir dalam presentasi Anda. Semakin
lengkap informasi yang Anda punya, Anda akan semakin siap berlaga di
medan pertempuran presentasi.
Dalam The Art of War, Sun Tzu mengatakan,
“Siapa yang mengenal pihak lawan dan mengenal dirinya sendiri, tidak
akan terkalahkan dalam seratus pertempuran. Siapa yang tidak mengenal
pihak lawan namun mengenal dirinya sendiri, punya peluang seimbang untuk
menang atau kalah. Siapa yang tidak mengenal pihak lawan dan tidak
mengenal dirinya sendiri, akan kalah dalam setiap pertempuran.”
Singkatnya, Sun Tzu mengatakan: “Yang mengenali dirinya, mengenali
lawannya dan mengenali medan tempurnya, akan memenangkan setiap
pertempuran.”
Sebuah presentasi adalah medan tempur komunikasi. Anda ingin pesan yang Anda sampaikan diterima sebaik mungkin oleh audiens.
Karena itu, kenali kekuatan diri Anda sebagai presenter, kenali lawan Anda (audiens serta apa yang mereka harapkan), dan kenali medan pertempuran
(media komunikasi, tempat presentasi, dan pendekatan khusus yang
mungkin Anda perlukan). Maka Anda akan memenangkan setiap presentasi.